MICROSOFT OFFICE WORD 2007

By pelita nuramini - Maret 22, 2019

DASAR-DASAR MICROSOFT OFFICE WORD 2007


Ms.Word merupakan perangkat lunak andalan microsoft yang berfungsi sebagai pengolah kata. Banyak terdapat fasilitas dalam software ini, yang mampu menunjang berbagai keperluan bagi para penggunanya, mulai dari pengetikan text, penyusun naskah/proposal, laporan, karya ilmiah, surat lamaran kerja dan pembuatan diagram tabel serta menyisipkan berbagai objek gambaran dan tulisan.
1.      Memulai microsoft word.
Untuk memulai menjalankan program Ms.Word, berikut langkahnya:
a.       Pilih tombol start dipojok kiri bawah tampilan windows.
b.      Setelah muncul tampilan menunya pilih program kemudian Ms.office.
c.       Pilih microsoft office word 2007.
2.      Unsur-Unsur utama layar Ms.Word.
a.       Judul microsoft : Baris judul menampilkan nama file dan aplikasi Ms.Word, nama file sebelum dirubah adalah document 1, document 2, dll. Pada pojok kanan sebelah window terdapat button minimize, maximize dan menutup aplikasi word.
b.      Office button digunakan untuk:
¨      Membuat file baru.
¨      Membuka file.
¨      Menyimpan file.
¨      Mencetak.
¨      Keluar dari word.
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan,     undo, redo, dan customize quick access toolbar.
c.       Customize quick access toolbar, digunakan untuk menampilkan button-button yang diinginkan untuk tampil ditaskbar sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar sebagai tips, tampilkan button yang sering akan digunakan untuk mempercepat pekerjaan.
d.      Menu, setiap menu yang aktif ( yang kita klik ) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
e.       Toolbar merupakan deretan tool-tool ( gambar berbentuk tombol ) yang mewakili perintah fungsinya : mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
f.       Kursor merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms.Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
g.      Penggulung teks, untuk memudahkan dalam membaca dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
h.      Memasukkan teks, ada beberapa hal yang harus diketahui:
¨      Tab, untuk mengidentasi baris pertama.
¨      Word secara otomatis akan muncul baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
¨      Apabila terjadi kesalahan mengetik, tekan backspace untuk menghapusnya.
¨      Tekan enter untuk menambah baris kosong.
¨      Titik sisip ( kursor ) digunakan untuk memulai memasukkan teks.
¨      Penunjuk mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam waktu huruf I atau panah.
i.        Menyimpan dokumen, untuk menyimpan dokumen sebagai berikut:
1)      Klik office button kemudian pilih save/klik button save pada toolbar/bisa menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog.
2)      Pilih lokasi file ( directory ) pada bagian save in : ketiklah nama file pada bagian file name, kemudian tekan save.
3)      Berilah nama file yang sudah diketik dengan nama lat 1 doc.
j.        Menutup dokumen, langkah-langkahnya sebagai berikut:
¨      Klik office button pilih close.
k.      Membuka dokumen, langkah-langkahnya:
¨      Klik office button pilih open, word akan menampilkan dialog box.
¨      Carilah directory/folder yang akan dibuka pada bagian look in lalu klik file yang akan dibuka, tekan button open, maka file akan ditampilkan dilayar word.
A.    Memulai Pembuatan Naskah.
Ø  Aktifkan lembar kerja Ms.Word.
Ø  Aturlah margin lembar kerja.
Ø  Ketiklah naskah yang diinginkan.
B.     Setting /Mengatur Halaman Ms.Word.
      1.      Klik page layout.
      a.       Klik tab margin.
      b.      Pilih bentuk margin yang diinginkan.
      c.       Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik custom margin dan tentukan.
·         Top : jarak antar sisi atas kertas dengan teks/nakah.
·         Bottom : jarak antar sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
·         Left : jarak antar sisi kiri kertas dengan sisi kiri atas.
·         Right : jarak antar sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
·    Gutter : jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditunjukan sebagai tempat penjilidan.
·        Gutter position : letak gutter.
·     Orientation : pengaturan arah cetakan halaman dengan portrait ( memanjang ) dan landscape ( melebar ).
·         Preview : tampilan layar word.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar