Cara Membuat data perusahaan di myob

By pelita nuramini - Maret 22, 2019

  •    Pada bulan Januari 2017, didirikan CV. PELITA NURAMINI. 
  •   Berikut beberapa informasi tentang perusahaan tersebut:
-        Alamat      : AIR KARANG BATURAJA.
-        Telepon     : 0732-546789.
-        Tahun keuangan 2017, bulan awal buku januari dan bulan tutup buku Desember.
-        CV. PELITA NURAMINI memulai usahanya sejak Juni 2017 diawal merintis masih menggunakan pencatatan akuntansi secara manual, namun sejak Juli 2017 mulai menggunakan MYOB ACCOUNTING sebagai aplikasi pencatatan akuntansinya.

    DAFTAR SALDO REKENING
NO. REKENING
NAMA REKENING
JENIS REKENING
SALDO REKENING
1-0000
AKTIVA
HEADER
-
1-1000
AKTIVA LANCAR
DETAIL
-
1-1100
KAS DITANGAN
DETAIL CHEQUE
Rp 85.000.000,-
1-1200
PIUTANG DAGANG
DETAIL CHEQUE
Rp 15.000.000,-
1-1300
STOK BARANG DAGANG
HEADER
-
1-1310
STOK LAPTOP
DETAIL CHEQUE
Rp 10.000.000,-
1-1400
PERLENGKAPAN
HEADER
-
1-1410
PERLENGKAPAN TOKO
DETAIL CHEQUE
Rp   3.500.000,-
1-2000
AKTIVA TETAP
DETAIL
-
1-2100
PERALATAN
HEADER
-
1-2110
PERALATAN TOKO
DETAIL CHEQUE
Rp   3.500.000,-




2-0000
HUTANG
HEADER
-
2-1000
HUTANG LANCAR
DETAIL
-
2-1200
HUTANG DAGANG
DETAIL
Rp 25.000.000,-




3-0000
MODAL
HEADER
-
3-1000
MODAL USAHA
DETAIL
Rp 92.000.000,-




4-0000
PENDAPATAN
HEADER
-
4-1000
PENJUALAN
DETAIL
-
4-1100
PENJUALAN LAPTOP
DETAIL
-




5-0000
HPP
HEADER
-
5-1100
HARGA POKOK PENJUALAN
DETAIL
-
5-1110
PEMBELIAN LAPTOP
DETAIL
-




6-0000
BEBAN-BEBAN
HEADER
-
6-1000
BEBAN OPERASIONAL
DETAIL
-
6-1100
BEBAN SEWA
DETAIL
-
6-1200
BEBAN LISTRIK
DETAIL
-
6-1300
BEBAN TELEPON
DETAIL
-

DAFTAR CUSTOMER PER 31 JUNI 2017
NO
NAMA CUSTOMER
ALAMAT
NO. TELEPON
TANGGAL
SALDO PIUTANG
C001
CANTIKA
BAKUNG
081234567212
20/06/2017
Rp 15.000.000,-

DAFTAR SUPPLIER PER 31 JUNI 2017
NO
NAMA SUPPLIER
ALAMAT
NO. TELEPON
TANGGAL
SALDO HUTANG
S001
CV. ABADI K.A
YOGYAKARTA
081334546798
20/06/2017
Rp 25.000.000,-

DAFTAR PERSEDIAAN BARANG PER 31 JUNI 2017
KODE
NAMA BARANG
JUMLAH BARANG
HARGA PER UNIT
TOTAL
ASS
ASUS
5
Rp 2.000.000,-
Rp 10.000.000,-

Berikut Transaksinya :
1 Juli 2017
Pelunasan piutang dari CANTIKA tertanggal 20 Juni 2017 sebesar Rp 15.000.000,-
2 Juli 2017
Dibeli secara tunai kepada CV. ABADI K.A sebanyak 12 unit LAPTOP ASUS dengan harga satuan Rp 2.000.000,-
3 Juli 2017
Pelunasan hutang kepada CV. ABADI K.A tertanggal 20 Juni 2017 sebesar Rp 25.000.000,-
4 Juli 2017
Dijual secara tunai kepada CANTIKA sebanyak 8 unit LAPTOP ASUS dengan harga satuan Rp 2.500.000,-
5 Juli 2017
Dibayar biaya sewa took untuk 1 bulan sejumlah Rp 3.000.000,-
CATATLAH SEMUA TRANSAKSI KE DALAM MYOB DAN TAMPILKAN LAPORAN LABA RUGI DAN NERACA! .

·         Langkah-langkahnya:


MEMULAI MYOB


1.      Membuat file baru, buka MYOB, pilih CREATE.
2.      Next, isikan informasi perusahaan.



3.     Next, isikan tahun keuangan, dll.


4.     Next, menentukan cara pembuatan daftar akun/rekening yang akan digunakan, ada 3 pilihan lalu pilih yang ke-3 ( I would like to build my own accounts list once I begin using MYOB, karena akan membuat sendiri daftar akun secara langsung).


5.     Next, klik CHANGE, simpan file didalam folder di DATA D.

6.     Next, masuk ke command centre. Ada 2 pilihan setup assistant dan command centre lalu pilih Command Centre MYOB.
 
7.   Pada command centre, klik account lalu klik account list, Next. 
          8.  Ganti semua akun/rekening yang akan digunakan, sesuaikan nama,nomor dan jenis akun/rekening dengan yang ada di contoh. Dengan double klik pada akun/rekening yang akan diganti atau klik edit.
    9. Klik new untuk membuat no akun/rekening yang baru dan untuk menghapus klik menu edit dan klik delete account.
·        Masukkan saldo rekening jika akun tersebut memiliki saldo.

10.  Lalu Kembali ke command centre lalu atur setup bagian linked account.
1.      Account s & Banking Accounts, caranya : klik setup -> klik linked account ->  accounts & banking accounts ->  lalu pada bank account for undeposited funds diganti menjadi kas ditangan -> OK.

2.   Sales linked account, caranya : klik setup => klik linked account => klik Sales linked account => lalu pada asset account for tracking receivables diganti menjadi piutang dagang => OK.

3.      Purchases linked accounts, caranya: klik setup => klik linked account => klik Purchases linked accounts => lalu pada asset liability account for tracking payable diganti menjadi hutang dagang => OK.

11.  Setelah linked akun diatur  kemudian cek saldo dengan pilih menu setup => klik balances => klik account opening balances.
·         Historical balancing account harus 0

12.  Kemudian masukkan data customer dan supplier.
1.   Customer, caranya : klik Card List => klik tab Customer => klik New => isikan data Customer => Ok.

2.    Supplier, caranya : klik Card List => klik tab Supplier => klik New => isikan data Supplier => OK.
Ø  Untuk mengubah klik edit dan ubah data.
Ø  Untuk menghapus klik menu edit dan klik delete card.
13. Selanjutnya membuat data barang baru dengan cara klik Inventory pada Command Centre.

14.  Selanjutnya klik item List, klik New untuk menambahkan data barang baru. 
      ·     Menambahkan barang bernama laptop ASUS.
15.  Jika sudah klik OK, jika muncul komentar isikan N-T pada Tax Code When Sold begitu juga pada Tax Code When Bought (N-T : Not Reportable(tidak menggunakan pajak)).
16.  Selanjutnya menambahkan saldo pada Customer dan Supplier di menu Setup sedangkan Persediaan barang di Inventory.
1.     Customer Balances, caranya : klik Setup => klik Balances => klik Customer Balances => Add Sale => isi data (Customer, Tanggal, memo, total, tax code) => record => OK.
·         Pastikan out of balance amount Rp 0,00.

2.    Supplier Balances, caranya : klik Setup => klik Balances => klik Supplier Balances => Add Purchase => isi data (Customer, Tanggal, memo, total, tax code) => record => OK.
·         Pastikan out of balance amount Rp 0,00.

3.      Persediaan Barang, caranya : klik Inventory => klik Adjust Inventory => isikan data (tanggal, memo, item number, quantity, unit cost, amount, dan account) => record.

17.  Transaksi jurnal umum( tanggal 1 Juli 2017).
Pelunasan piutang dari CANTIKA tanggal 20 Juni 2017 sebesar Rp 15.000.000,-.
·         Klik Sales -> klik Receive Payments.
·      Amount applied dan amount received diisi dengan jumlah piutang dan jangan lupa ganti tanggalnya.
·         Pastikan out of balance Rp 0,00, Lalu record.

18.  Transaksi pembelian barang dagangan (2 Juli 2017).
Pembelian tunai kepada CV. ABADI K.A 12 unit Laptop ASUS, harga satuan Rp 2.000.000,-.
·         Klik Purchase –> klik Enter Purchase.

·         Klik layout (dibagian bawah) untuk merubah bentuk tabel pembelian barang, lalu pilih item klik OK.
 
·         Klik tombol received, tuliskan jumlah barang yang dibeli yaitu 12 , tekan Tab untuk memilih nama barang yang dibeli, pilih LAPTOP ASUS, klik Use Item lalu tulis harganya pada kolom Price yaitu Rp 2.000.000, enter maka akan muncul harga total dan jangan lupa ganti tanggalnya.
·         Masukkan jumlah pembayaran pada Paid Today (untuk pembayaran tunai atau kredit). Jika tunai isikan jumlah harga totalnya (total amount) pada Paid Today.
·         Jika selesai pastikan balance due Rp 0,00 dan klik Record lalu OK.

19.  Transaksi pelunasan hutang (3 Juli 2017).
Pelunasan hutang kepada CV. ABADI K.A tanggal 20 Juni 2017 sebesar Rp 25.000.000,-
·         Command Centre, klik Purchase – Pay Bills. Pilih Suppliernya dan ganti tanggalnya. Isikan jumlah pembayaran pada Amount Applied. Klik Amount lalu Record.
·         Pastikan out of balance Rp 0,00.


20.  Transaksi penjualan (4 Juli 2017).
Penjualan kepada CANTIKA 8 unit Laptop ASUS, harga satuan Rp 2.500.000,-
·   Command Centre, klik menu sales – Enter Sales pilih Customernya dan ganti tanggalnya.

·         Klik Layout (dibagian bawah) untuk merubah bentuk tabel penjualan barang pilih Item lalu klik OK.
      
·         Klik kolom Ship, tuliskan jumlah barang yang dijual yaitu 8, tekan Tab untuk memilih nama barang yang dibeli, pilih Laptop Asus klik Use Item. Tuliskan harganya pada kolom Price yaitu Rp 2.500.000,-.

·         Masukkan jumlah pembayaran pada Paid Today (untuk penjualan tunai atau kredit). Jika tunai isikan jumlah harga barang totalnya (total amount) pada Paid Today.
·         Pastikan balance due Rp 0,00, Jika selesai klik Record.

21. Transaksi biaya sewa toko (5 Juli 2017).
Pembayaran biaya sewa took untuk 1 bulan sebesar Rp 3.000.000,-.
·         Command Centre klik account – klik record journal entry.

22.  Melihat semua transaksi berdasarkan tanggal.
·      Klik Transaction Journal lalu isikan tanggal yang dicari pada kolom Dated From dan kolom To.

·       Untuk mengedit : buka transaksi yang akan diedit kemudian perbaiki transaksinya lalu klik OK.
·    Untuk menghapus : buka transaksi yang akan dihapus kemudian klik edit dan klik delete.

23.  Mencetak laporan.
·         Klik menu Reports – Accounts.

·       Melihat Rugi Laba : klik Tab Accounts – Profit & Loss (Accrual) klik Display.
Pilih bulanyan lalu klik Display untuk mencetaknya atau klik Send To untuk menyimpa ke Excel, PDF, dan lain-lain.


·       Melihat Neraca : klik Tab Accounts – Balance Sheet – Standard Balance Sheet caranya sama seperti diatas.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar