Cara Membuat data perusahaan di myob
By pelita nuramini - Maret 22, 2019
- Pada bulan Januari 2017, didirikan CV. PELITA NURAMINI.
- Berikut beberapa informasi tentang perusahaan tersebut:
-
Alamat :
AIR KARANG BATURAJA.
-
Telepon :
0732-546789.
-
Tahun keuangan 2017, bulan awal buku
januari dan bulan tutup buku Desember.
-
CV. PELITA NURAMINI memulai usahanya
sejak Juni 2017 diawal merintis masih menggunakan pencatatan akuntansi secara
manual, namun sejak Juli 2017 mulai menggunakan MYOB ACCOUNTING sebagai
aplikasi pencatatan akuntansinya.
DAFTAR SALDO REKENING
NO. REKENING
|
NAMA REKENING
|
JENIS REKENING
|
SALDO REKENING
|
1-0000
|
AKTIVA
|
HEADER
|
-
|
1-1000
|
AKTIVA LANCAR
|
DETAIL
|
-
|
1-1100
|
KAS DITANGAN
|
DETAIL CHEQUE
|
Rp 85.000.000,-
|
1-1200
|
PIUTANG DAGANG
|
DETAIL CHEQUE
|
Rp 15.000.000,-
|
1-1300
|
STOK BARANG DAGANG
|
HEADER
|
-
|
1-1310
|
STOK LAPTOP
|
DETAIL CHEQUE
|
Rp 10.000.000,-
|
1-1400
|
PERLENGKAPAN
|
HEADER
|
-
|
1-1410
|
PERLENGKAPAN TOKO
|
DETAIL CHEQUE
|
Rp 3.500.000,-
|
1-2000
|
AKTIVA TETAP
|
DETAIL
|
-
|
1-2100
|
PERALATAN
|
HEADER
|
-
|
1-2110
|
PERALATAN TOKO
|
DETAIL CHEQUE
|
Rp 3.500.000,-
|
2-0000
|
HUTANG
|
HEADER
|
-
|
2-1000
|
HUTANG LANCAR
|
DETAIL
|
-
|
2-1200
|
HUTANG DAGANG
|
DETAIL
|
Rp 25.000.000,-
|
3-0000
|
MODAL
|
HEADER
|
-
|
3-1000
|
MODAL USAHA
|
DETAIL
|
Rp 92.000.000,-
|
4-0000
|
PENDAPATAN
|
HEADER
|
-
|
4-1000
|
PENJUALAN
|
DETAIL
|
-
|
4-1100
|
PENJUALAN LAPTOP
|
DETAIL
|
-
|
5-0000
|
HPP
|
HEADER
|
-
|
5-1100
|
HARGA POKOK PENJUALAN
|
DETAIL
|
-
|
5-1110
|
PEMBELIAN LAPTOP
|
DETAIL
|
-
|
6-0000
|
BEBAN-BEBAN
|
HEADER
|
-
|
6-1000
|
BEBAN OPERASIONAL
|
DETAIL
|
-
|
6-1100
|
BEBAN SEWA
|
DETAIL
|
-
|
6-1200
|
BEBAN LISTRIK
|
DETAIL
|
-
|
6-1300
|
BEBAN TELEPON
|
DETAIL
|
-
|
DAFTAR CUSTOMER PER 31 JUNI 2017
NO
|
NAMA CUSTOMER
|
ALAMAT
|
NO. TELEPON
|
TANGGAL
|
SALDO PIUTANG
|
C001
|
CANTIKA
|
BAKUNG
|
081234567212
|
20/06/2017
|
Rp 15.000.000,-
|
DAFTAR SUPPLIER
PER 31 JUNI 2017
NO
|
NAMA SUPPLIER
|
ALAMAT
|
NO. TELEPON
|
TANGGAL
|
SALDO HUTANG
|
S001
|
CV. ABADI K.A
|
YOGYAKARTA
|
081334546798
|
20/06/2017
|
Rp 25.000.000,-
|
DAFTAR PERSEDIAAN BARANG PER 31 JUNI
2017
KODE
|
NAMA BARANG
|
JUMLAH BARANG
|
HARGA PER UNIT
|
TOTAL
|
ASS
|
ASUS
|
5
|
Rp 2.000.000,-
|
Rp 10.000.000,-
|
Berikut
Transaksinya :
1 Juli 2017
|
Pelunasan piutang dari CANTIKA tertanggal 20 Juni 2017 sebesar
Rp 15.000.000,-
|
2 Juli 2017
|
Dibeli secara tunai kepada CV. ABADI K.A sebanyak 12 unit LAPTOP
ASUS dengan harga satuan Rp 2.000.000,-
|
3 Juli 2017
|
Pelunasan hutang kepada CV. ABADI K.A tertanggal 20 Juni 2017 sebesar
Rp 25.000.000,-
|
4 Juli 2017
|
Dijual secara tunai kepada CANTIKA sebanyak 8 unit LAPTOP ASUS
dengan harga satuan Rp 2.500.000,-
|
5 Juli 2017
|
Dibayar biaya sewa took untuk 1 bulan sejumlah Rp 3.000.000,-
|
CATATLAH SEMUA TRANSAKSI KE DALAM MYOB
DAN TAMPILKAN LAPORAN LABA RUGI DAN NERACA! .
·
Langkah-langkahnya:
MEMULAI
MYOB
2.
Next, isikan informasi perusahaan.
3. Next, isikan tahun keuangan, dll.
4. Next, menentukan cara pembuatan daftar akun/rekening yang akan digunakan, ada 3 pilihan lalu pilih yang ke-3 ( I would like to build my own accounts list once I begin using MYOB, karena akan membuat sendiri daftar akun secara langsung).
5. Next, klik CHANGE, simpan file didalam folder di DATA D.
6. Next, masuk ke command centre. Ada 2 pilihan setup assistant dan command centre lalu pilih Command Centre MYOB.
7. Pada command centre, klik account lalu klik
account list, Next.
8. Ganti semua akun/rekening yang akan
digunakan, sesuaikan nama,nomor dan jenis akun/rekening dengan yang ada di
contoh. Dengan double klik pada akun/rekening yang akan diganti atau klik edit.
9. Klik new untuk membuat no akun/rekening yang baru dan untuk menghapus klik menu edit dan klik delete account.
9. Klik new untuk membuat no akun/rekening yang baru dan untuk menghapus klik menu edit dan klik delete account.
· Masukkan saldo rekening jika akun
tersebut memiliki saldo.
10.
Lalu Kembali ke command centre lalu atur
setup bagian linked account.
1. Account
s & Banking Accounts, caranya : klik setup -> klik linked account -> accounts & banking accounts -> lalu pada bank account for undeposited funds
diganti menjadi kas ditangan -> OK.
2. Sales
linked account, caranya : klik setup => klik linked account => klik Sales
linked account => lalu pada asset account for tracking receivables diganti
menjadi piutang dagang => OK.
3. Purchases
linked accounts, caranya: klik setup => klik linked account => klik Purchases
linked accounts => lalu pada asset liability account for tracking payable
diganti menjadi hutang dagang => OK.
11. Setelah
linked akun diatur kemudian cek saldo
dengan pilih menu setup => klik balances => klik account opening
balances.
·
Historical balancing account harus 0
12.
Kemudian masukkan data customer dan
supplier.
1. Customer,
caranya : klik Card List => klik tab Customer => klik New => isikan
data Customer => Ok.
2. Supplier,
caranya : klik Card List => klik tab Supplier => klik New => isikan
data Supplier => OK.
Ø Untuk
mengubah klik edit dan ubah data.
Ø Untuk
menghapus klik menu edit dan klik delete card.
13. Selanjutnya membuat data barang baru
dengan cara klik Inventory pada Command Centre.
14. Selanjutnya klik item List, klik New untuk menambahkan data barang baru.
· Menambahkan barang bernama laptop ASUS.
15. Jika sudah klik OK, jika muncul komentar isikan N-T pada Tax Code When Sold begitu juga pada Tax Code When Bought (N-T : Not Reportable(tidak menggunakan pajak)).
1. Customer
Balances, caranya : klik Setup => klik Balances => klik Customer Balances
=> Add Sale => isi data (Customer, Tanggal, memo, total, tax code) =>
record => OK.
·
Pastikan out of balance amount Rp 0,00.
2. Supplier
Balances, caranya : klik Setup => klik Balances => klik Supplier Balances
=> Add Purchase => isi data (Customer, Tanggal, memo, total, tax code)
=> record => OK.
·
Pastikan out of balance amount Rp 0,00.
3. Persediaan
Barang, caranya : klik Inventory => klik Adjust Inventory => isikan data
(tanggal, memo, item number, quantity, unit cost, amount, dan account) =>
record.
17.
Transaksi jurnal umum( tanggal 1 Juli
2017).
Pelunasan
piutang dari CANTIKA tanggal 20 Juni 2017 sebesar Rp 15.000.000,-.
·
Klik Sales -> klik Receive Payments.
·
Amount applied dan amount received diisi
dengan jumlah piutang dan jangan lupa ganti tanggalnya.
·
Pastikan out of balance Rp 0,00, Lalu
record.
18.
Transaksi pembelian barang dagangan (2 Juli
2017).
Pembelian tunai
kepada CV. ABADI K.A 12 unit Laptop ASUS, harga satuan Rp 2.000.000,-.
·
Klik Purchase –> klik Enter Purchase.
·
Klik layout (dibagian bawah) untuk
merubah bentuk tabel pembelian barang, lalu pilih item klik OK.
·
Klik tombol received, tuliskan jumlah
barang yang dibeli yaitu 12 , tekan Tab untuk memilih nama barang yang dibeli,
pilih LAPTOP ASUS, klik Use Item lalu tulis harganya pada kolom Price yaitu Rp
2.000.000, enter maka akan muncul harga total dan jangan lupa ganti tanggalnya.
·
Masukkan jumlah pembayaran pada Paid
Today (untuk pembayaran tunai atau kredit). Jika tunai isikan jumlah harga
totalnya (total amount) pada Paid Today.
·
Jika selesai pastikan balance due Rp
0,00 dan klik Record lalu OK.
19.
Transaksi pelunasan hutang (3 Juli
2017).
Pelunasan
hutang kepada CV. ABADI K.A tanggal 20 Juni 2017 sebesar Rp 25.000.000,-
·
Command Centre, klik Purchase – Pay
Bills. Pilih Suppliernya dan ganti tanggalnya. Isikan jumlah pembayaran pada
Amount Applied. Klik Amount lalu Record.
·
Pastikan out of balance Rp 0,00.
20.
Transaksi penjualan (4 Juli 2017).
Penjualan
kepada CANTIKA 8 unit Laptop ASUS, harga satuan Rp 2.500.000,-
· Command Centre, klik menu sales – Enter
Sales pilih Customernya dan ganti tanggalnya.
·
Klik Layout (dibagian bawah) untuk
merubah bentuk tabel penjualan barang pilih Item lalu klik OK.
·
Klik kolom Ship, tuliskan jumlah barang
yang dijual yaitu 8, tekan Tab untuk memilih nama barang yang dibeli, pilih
Laptop Asus klik Use Item. Tuliskan harganya pada kolom Price yaitu Rp
2.500.000,-.
·
Masukkan jumlah pembayaran pada Paid
Today (untuk penjualan tunai atau kredit). Jika tunai isikan jumlah harga
barang totalnya (total amount) pada Paid Today.
·
Pastikan balance due Rp 0,00, Jika
selesai klik Record.
21. Transaksi biaya sewa toko (5 Juli 2017).
Pembayaran
biaya sewa took untuk 1 bulan sebesar Rp 3.000.000,-.
·
Command Centre klik account – klik
record journal entry.
22.
Melihat semua transaksi berdasarkan
tanggal.
· Klik Transaction Journal lalu isikan
tanggal yang dicari pada kolom Dated From dan kolom To.
· Untuk mengedit : buka transaksi yang
akan diedit kemudian perbaiki transaksinya lalu klik OK.
· Untuk menghapus : buka transaksi yang
akan dihapus kemudian klik edit dan klik delete.
·
Klik menu Reports – Accounts.
· Melihat Rugi Laba : klik Tab Accounts –
Profit & Loss (Accrual) klik Display.
Pilih bulanyan lalu klik Display untuk
mencetaknya atau klik Send To untuk menyimpa ke Excel, PDF, dan lain-lain.
· Melihat Neraca : klik Tab Accounts –
Balance Sheet – Standard Balance Sheet caranya sama seperti diatas.
0 komentar